Disusun oleh :
Nama :
DETY APRIYANI LAILA
NPM :
11215748
Kelas :
1EA09
No. Absen : 20
Mata
Kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan
FAKULTAS
EKONOMI
Universitas Gunadarma
2015
BAB
IV
Peluang
dalam Lingkungan Pasar yang Berubah-ubah
1.
SASARAN HARUS MENENTUKAN ARAH
PERUSAHAAN
·
Tiga
sasaran dasar memberikan panduan
ü
Terlibat
dalam aktivitas-aktivitas tertentu yang melakuakn suatu fungsi yang berguna
secara social dan ekonomi.
ü
Menyusun
suatu organisasi untuk melaksanakan bisnis tersebut dan mengimplementasikan
strategi-strategi nya.
ü
Mendapatkan
keuntungan yang cukup untuk bertahan.
·
Harus
berguna secara social
Suatu usaha tidak akan
ada tanpa persetujuan dari konsumen. Jika aktivitas suatu perusahaan tampak
berlawanan dengan “kebaikan” konsumen, perusahaan tersebut dapat dihancurkan
oleh respon negatif dari konsumen itu sendiri.
·
Harus
mendapatkan keuntungan
Suatu
perusahaan harus mendapatkan keuntungan agar dapat bertahan. Namun,
sekedar mengatakan bahwa suatu perusahaan harus mencoba mendapatkan keuntungan
tidak lah cukup.
·
Pernyataan
misi akan membantu arahan
Suatu perusahaan harus
menyusun sasarannya sendiri. Hal ini penting, tetapi para eksekutif puncak
sering kali tidak menyatakan sasaran mereka secara jelas. Jika sasaran tidak di
tentukan jelas sejak awal, para manajer mungkin akan saling bertentangan karena
memiliki sasaran yang berbeda – beda tidak terucap.
·
Seluruh
perusahaan harus bekerja sama dalam mencapai sasaran yang sama.
Untuk mencapai suatu
sasaran yang diinginkan, perusahaan perlu bekerja sama dengan perusahaan yang
lain sehingga membentuk suatu hubungan yang positif dan menghasilkan laba yang
maksimal.
·
Sasaran
perusahaan akan mengarahkan sasaran pemasaran
Untuk
menghindari permasalahan seperti ini, manajer pemasaran setidaknya harus
terlibat dalam menentukan sasaran perusahaan.
2.
SUMBER DAYA PERUSAHAAN DAPAT
MEMBATASI PENCARIAN PELUANG
Masing-masing perusahaan memiliki
sumber daya yang diharapkan bersifat unik yang membedakan perusahaan tersebut :
·
Kekuatan
financial
Sebagian
peluang membutuhkan modal dalam jumlah besar untuk dimulai. Uang dibutuhkan
untuk penelitian dan pengembangan, fasilitias produksi, riset pemasaran atau
pemasangan iklan sebelum suatu perusahaan melakukan penjualan untuk pertama
kali. Oleh karena itu, kekuatan keuangan sering kali menjadi penghalang untuk
dapat masuk ke dalam suatu pasar yang menarik.
·
Kapabilitas
dan fleksibilitas produksi
·
Kekuatan
pemasaran
Dalam
wilayah produk, misalnya suatu merk yang terkenal dapat menjadi kekuatanyang
besar. Sturbucks terkenal karena variasi minuman kopi nya. Ketika sturbucks
memperkenalkan Coffe-Ice Creamnnya, banyak orang dengan cepat mencobanya karena
mereka tahu apa arti sturbucks.
3.
MENGANALISIS KOMPETITOR DAN
LINGKUNGAN KOMPETITIF.
·
Memilih
peluang yang dapat menghindari kompetisi langsung.
Lingkungan
kompetitif memengaruhi jumlah dan jenis kompetitor yang harus di hadapi oleh
manajer pemasaran dan cara mereka berperilaku. Meskipun manajer pemasaran
biasanya tidak dapat mengandalikan factor-faktor ini, mereka dapat memilih
strategis-strategis yang menghindari kompetisi langsung. Kemudian, kompetisi
tidak dapat di hindari, mereka dapat merencanakannya.
·
Jarang
terdapat lingkungan yang bebas kompetitor
·
Kompetisi
monopolistic bisa saja terjadi dan merupakan suatu tantangan
Dalam
kompetisi monopolistic, sejumlah perusahaan yang berbeda menawarkan bauran
pemasaran pemasaran yang dilihat berbeda, setidaknya oleh sebagian pelanggan.
·
Menganalisis
kompetitor untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.
·
Antisipasilah
kompetisi yang akan datang.
·
Awasi
penghalang kompetisi.
·
Mencari
informasi mengenai kompetitor
Seorang
manajer harus secara aktif mencari informasi mengenai kompetitor yang potensial
dan yang telah ada.
·
Isu
etis dapat muncul.
·
Kompetensi
mungkin bervariasi di setiap Negara.
·
Kompetisi langsung tidak selalu dapat di
hindari
4. LINGKUNGAN EKONOMIS
Lingkungan
ekonomis dan teknologi memengaruhi cara perusahaan dan keseluruhan ekonomi
menggunakan sumber daya.
·
Kondisi ekonomi berubah dengan cepat
·
Tingkat bunga dan inflasi memengaruhi
pembelian
·
Ekonomi global saling berhubungan
5. LINGKUNGAN TEKNOLOGI
·
Teknologi memengaruhi peluang
·
Transfer teknologi berlangsung cepat
·
Teknologi internet membentuk ulang pemasaran
·
Teknologi juga memunculkan tantangan
·
Teknologi dan masalah etika
6. LINGKUNGAN POLITIS
Konsumen
dalam negara yang sama biasanya memiliki lingkungan politis yang sama, tetapi
lingkungan politik juga dapat memengaruhi peluang pada tingkat lokal atau internasional.
·
Nasionalisme dapat menjadi pembatas dalam pasar
internasional
·
membangun kerja sama perdagangan
Pengelompokan regional menjadi semakin penting
·
Unifikasi pasar eropa
·
Nafta
·
Konsumerisme
7. LINGKUNGAN LEGAL
Lingkungan
legal menentukan aturan-aturan mengenai bagaimana suatu perusahaan dapat
beroperasi dalam suatu masyarakat
·
Meningkatkan kompetisi
·
Hukum antimonopoli dan perencanaan
bauran pemasaran
·
Tuntutan hukum
·
Hukum perlindungan konsumen
·
Pengawasa obat dan makanan
·
Keamanan produk
·
Mematuhi
pengadilan dan agen federal
8. LINGKUNGAN BUDAYA DAN SOSIAL
Lingkungan
budaya dan sosial memengaruhi bagaimana dan mengapa masyarakat hidup dan
berperilaku. Contohnya bahasa yang digunakan jenis pendidikan, agama, jenis
makanan, gaya berpakaian dan tempat tinggal, serta cara pandang terhadap
pekerjaan, pernikahan, dan keluarga lingkungan sosial memiliki efek yang luas.
9. MENGEVALUASI PELUANG DI PASAR
INTERNASIONAL
Untuk
mengurangi resiko kehilangan beberapa variable dasar yang dapat membantu
penyaringan suatu peluang yang beresiko, manajer pemasaran suatu analisis
mendetail mengenai lingkungan pasar yang akan dipertimbangkan untuk dimasuki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar