Sabtu, 28 November 2015

DASAR PEMASARAN

 DASAR PEMASARAN





Disusun oleh :
Nama              : DETY APRIYANI LAILA
NPM              : 11215748
Kelas              : 1EA09
No. Absen      : 20
Mata Kuliah  : Pendidikan Kewarganegaraan


 FAKULTAS EKONOMI
Universitas Gunadarma

2015


BAB IV
Peluang dalam Lingkungan Pasar yang Berubah-ubah

1.      SASARAN HARUS MENENTUKAN ARAH PERUSAHAAN

·         Tiga sasaran dasar memberikan panduan
ü  Terlibat dalam aktivitas-aktivitas tertentu yang melakuakn suatu fungsi yang berguna secara social dan ekonomi.
ü  Menyusun suatu organisasi untuk melaksanakan bisnis tersebut dan mengimplementasikan strategi-strategi nya.
ü  Mendapatkan keuntungan yang cukup untuk bertahan.

·         Harus berguna secara social
Suatu usaha tidak akan ada tanpa persetujuan dari konsumen. Jika aktivitas suatu perusahaan tampak berlawanan dengan “kebaikan” konsumen, perusahaan tersebut dapat dihancurkan oleh respon negatif dari konsumen itu sendiri.

·         Harus mendapatkan keuntungan
Suatu perusahaan harus mendapatkan keuntungan agar dapat bertahan. Namun, sekedar mengatakan bahwa suatu perusahaan harus mencoba mendapatkan keuntungan tidak lah cukup.

·         Pernyataan misi akan membantu arahan
Suatu perusahaan harus menyusun sasarannya sendiri. Hal ini penting, tetapi para eksekutif puncak sering kali tidak menyatakan sasaran mereka secara jelas. Jika sasaran tidak di tentukan jelas sejak awal, para manajer mungkin akan saling bertentangan karena memiliki sasaran yang berbeda – beda tidak terucap.

·         Seluruh perusahaan harus bekerja sama dalam mencapai sasaran yang sama.
Untuk mencapai suatu sasaran yang diinginkan, perusahaan perlu bekerja sama dengan perusahaan yang lain sehingga membentuk suatu hubungan yang positif dan menghasilkan laba yang maksimal.

·         Sasaran perusahaan akan mengarahkan sasaran pemasaran
Untuk menghindari permasalahan seperti ini, manajer pemasaran setidaknya harus terlibat dalam menentukan sasaran perusahaan.



2.      SUMBER DAYA PERUSAHAAN DAPAT MEMBATASI PENCARIAN PELUANG
Masing-masing perusahaan memiliki sumber daya yang diharapkan bersifat unik yang membedakan perusahaan tersebut :
·         Kekuatan financial
Sebagian peluang membutuhkan modal dalam jumlah besar untuk dimulai. Uang dibutuhkan untuk penelitian dan pengembangan, fasilitias produksi, riset pemasaran atau pemasangan iklan sebelum suatu perusahaan melakukan penjualan untuk pertama kali. Oleh karena itu, kekuatan keuangan sering kali menjadi penghalang untuk dapat masuk ke dalam suatu pasar yang menarik.
·         Kapabilitas dan fleksibilitas produksi
·         Kekuatan pemasaran
Dalam wilayah produk, misalnya suatu merk yang terkenal dapat menjadi kekuatanyang besar. Sturbucks terkenal karena variasi minuman kopi nya. Ketika sturbucks memperkenalkan Coffe-Ice Creamnnya, banyak orang dengan cepat mencobanya karena mereka tahu apa arti sturbucks.

3.      MENGANALISIS KOMPETITOR DAN LINGKUNGAN KOMPETITIF.
·         Memilih peluang yang dapat menghindari kompetisi langsung.
Lingkungan kompetitif memengaruhi jumlah dan jenis kompetitor yang harus di hadapi oleh manajer pemasaran dan cara mereka berperilaku. Meskipun manajer pemasaran biasanya tidak dapat mengandalikan factor-faktor ini, mereka dapat memilih strategis-strategis yang menghindari kompetisi langsung. Kemudian, kompetisi tidak dapat di hindari, mereka dapat merencanakannya.
·         Jarang terdapat lingkungan yang bebas kompetitor
·         Kompetisi monopolistic bisa saja terjadi dan merupakan suatu tantangan
Dalam kompetisi monopolistic, sejumlah perusahaan yang berbeda menawarkan bauran pemasaran pemasaran yang dilihat berbeda, setidaknya oleh sebagian pelanggan.
·         Menganalisis kompetitor untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.
·         Antisipasilah kompetisi yang akan datang.
·         Awasi penghalang kompetisi.
·         Mencari informasi mengenai kompetitor
Seorang manajer harus secara aktif mencari informasi mengenai kompetitor yang potensial dan yang telah ada.
·         Isu etis dapat muncul.
·         Kompetensi mungkin bervariasi di setiap Negara.
·         Kompetisi langsung tidak selalu dapat di hindari




4.      LINGKUNGAN EKONOMIS
Lingkungan ekonomis dan teknologi memengaruhi cara perusahaan dan keseluruhan ekonomi menggunakan sumber daya.
·         Kondisi ekonomi berubah dengan cepat
·         Tingkat bunga dan inflasi memengaruhi pembelian
·         Ekonomi global saling berhubungan

5.      LINGKUNGAN TEKNOLOGI
·         Teknologi memengaruhi peluang
·         Transfer teknologi berlangsung cepat
·         Teknologi internet membentuk ulang pemasaran
·         Teknologi juga memunculkan tantangan
·         Teknologi dan masalah etika

6.      LINGKUNGAN POLITIS
Konsumen dalam negara yang sama biasanya memiliki lingkungan politis yang sama, tetapi lingkungan politik juga dapat memengaruhi peluang pada tingkat lokal atau internasional.
·         Nasionalisme  dapat menjadi pembatas dalam pasar internasional
·         membangun kerja sama perdagangan Pengelompokan regional menjadi semakin penting
·         Unifikasi pasar eropa
·         Nafta
·         Konsumerisme

7.      LINGKUNGAN LEGAL
Lingkungan legal menentukan aturan-aturan mengenai bagaimana suatu perusahaan dapat beroperasi dalam suatu masyarakat
·         Meningkatkan kompetisi
·         Hukum antimonopoli dan perencanaan bauran pemasaran
·         Tuntutan hukum
·         Hukum perlindungan konsumen
·         Pengawasa obat dan makanan
·         Keamanan produk
·         Mematuhi  pengadilan dan agen federal



8.      LINGKUNGAN BUDAYA DAN SOSIAL
Lingkungan budaya dan sosial memengaruhi bagaimana dan mengapa masyarakat hidup dan berperilaku. Contohnya bahasa yang digunakan jenis pendidikan, agama, jenis makanan, gaya berpakaian dan tempat tinggal, serta cara pandang terhadap pekerjaan, pernikahan, dan keluarga lingkungan sosial memiliki efek yang luas.

9.      MENGEVALUASI PELUANG DI PASAR INTERNASIONAL
Untuk mengurangi resiko kehilangan beberapa variable dasar yang dapat membantu penyaringan suatu peluang yang beresiko, manajer pemasaran suatu analisis mendetail mengenai lingkungan pasar yang akan dipertimbangkan untuk dimasuki.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar