Senin, 21 Januari 2019

Strategi Masuk Ke Pasar Internasional

1.      Ekspor
a.      Kelemahan
·         pemasokan di dalam negeri menurun, akan terjadi kelangkaan jika terus mengekspor besar-besaran
·         Biaya distribusi tinggi 
·         Peraturan dari negara tujuan ekspor yang kadang rumit
·         hambatan ekspor Indonesia salah satunya perang dagang antara AS dan Tiongkok yang dikhawatirkan menurunkan permintaan dalam jangka panjang produk dari Indonesia, khususnya bahan baku industri di dua negara tersebut. Kemudian, pengetatan moneter global membuat investor cenderung bermain aman dengan membeli instrumen berisiko rendah.

b.      Keunggulan
·         Menambah devisa negara, menjalin hubungan perdagangan dengan negara lain, 
·         Dapat meningkatkan kesejahtaraan masyarakat( secara tdk langsung )
·         dapat menambah devisa negara ( Langsung )
·         dapat memperkenalkan product negara ke suatu negara
·         menjalin hubungan baik dengan negara lain ( langsung )

c.       Contoh Usaha
Inilah peluang usaha ekspor yang masih sangat menggiurkan untung besar. Nilai ekspor produk funiture Indonesia mengalami kenaikan yang sangat pesat sekitar 75 persen. Peluang ekspor dalam produk furniture masih terbuka sangat luas. Oleh karenanya, pemerintah mengajak kepada para pengusaha dalam negeri untuk menggenjot laju ekspor furniture dalam negeri ke luar negeri terutama Spanyol dan pasar Eropa Barat.

Pendek kata, salah satu barang buatan dalam negeri yang diterima sangat baik oleh pasar luar negeri adalah produk furniture, 
produk kerajinan kulit dan produk alas kaki terutama dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki kualitas sangat baik.

2.      PEMBERIAN LISENSI
a.      Keunggulan
·         Pemberi lisensi menerima tambahan keuntungan dibanding hanya terpaku pada suatu proses/metode di dalam negeri.
·         Dapat memperluas siklus hidup produk perusahaan
·         Pemberi lisensi mengalami peningkatan penjualan atas perggantian suku cadang di luar negeri.
·         Penerima lisensi akan mendapat hak memproses dan teknologi, sehingga mengurangi biaya riset dan pengembangan

b.      Kelemahan
·         Penerima lisensi dapat menjadi pesaing dagang
·         Penjualan barang atas merk tidak terkontrol dengan baik
·         Banyak terdapat barang palsu di pasaran
·         Mutu produk yang dihasilkan penerima lisensi buruk

c.       Contoh usaha
Freeware
       Freeware adalah perangkat lunak ber-hak cipta yang gratis untuk digunakan. Seseorang tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa menggunakannya. Beberapa contoh freeware diantaranya: LibreOffice, Dropbox, Avast Free, Chrome, dan lain-lain.

3.      WARALABA
a.      Kelemahan
·         Mitra waralaba kurang memiliki kendala
·         Mitra waralaba terikat dengan pemasok
·         Terpengaruh pada reputasi waralaba lain
·         Adanya biaya waralaba

b.      Keunggulan
·         Konsep yang mapan
·         Alat keberhasilan usaha
·         Pendampingan
·         Bantuan teknis, manajemen, dan operasional
·         Standar dan control kualitas
·         Resiko rendah
·         Biaya operasional rendah
·         Akses terhadap kredit
·         Manfaat riset dan pengembangan
·         Terlindung dalam jaringan

c.       Contoh usaha
Bisnis Franchise Di Bidang Kesehatan & Kecantikan
Banyak sekali orang yang membutuhkan sarana atau tempat-tempat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka, terutama kaum hawa. Beberapa tempat perawatan kesehatan dan kecantikan yang sering dikunjungi orang adalah tempat-tempat fitness, reflexy, salon, spa, dan lain-lain. Itulah alasannya mengapa bisnis ini sangat potensial untuk dijalankan.
Ada beberapa perusahaan yang bergerak di bisnis bidang kesehatan dan kecantikan menawarkan waralaba-nya kepada calon pengusaha seperti Anda, tapi sebaiknya pilih satu yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Misalnya Anda ingin memiliki usaha spa, pilihlah bisnis franchise spa yang sudah cukup terkenal dan biayanya terjangkau.

4.      USAHA PATUNGAN
a.      Kelemahan
·         Berbagi Kuntungan Dengan Mitra
·         Resiko Perselisihan atau Ketidakcocokan Individu
·         Resiko Apabila Mitra Bisnis Mundur Ditengah Jalan
b.      Keunggulan
·         Memperkuat dan Menambah Skill
·         Resiko akan Tanggungan Kerugian Jadi Lebih Kecil
·         Modal Kecil

c.       Contoh usaha
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) mendirikan perusahaan patungaan (joint venture) dengan Telstra, perusahaan telekomunikasi yang tercatat di bursa Australia.
Perusahaan patungan itu akan berfokus pada aplikasi jaringan dan layanan (network applications and services/ NAS) dengan sasaran pasar perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara.
Berdasarkan ketentuan yang tidak mengikat dalam nota kesepahaman, perusahaan patungan tersebut nantinya menjadi penyedia eksklusif layanan NAS di Indonesia untuk Telstra dan Telkom Indonesia.
Bisnis baru itu akan difokuskan untuk meningkatkan posisi Telkom di Indonesia dalam menyasar pasar layanan perusahaan lokal. Bagi Telstra, perusahaan patungan itu menjadi jembatannya untuk meraih pasar besar enterprise di Asia.

5.      KONTRAK PABRIKASI
a.      Kelemahan
·         Produk-produk yang dijual atas nama perusahaan pemberi kontrak
·         Tidak adanya alih tekhnologi atau ilmu pengetahuan dari pemberi kontrak
·         Adanya monopoli pasar
·         Perlu pengendalian kualitas yang ketat
·         Keterbatasan pasokan

b.      Keunggulan:
·         Perusahaan dapat berkonsentrasi pada desain produk dan permasaran
·         Komitemen sumber-sumber daya keuangan dan manajerial rendah
·         Dapat memasuki pasar host country dengan cepat
·         Dapat mengatasi hambatan masuk ke host country
·         Resiko rendah

c.       Contoh : PT. Unilever di Jepang untuk produksi bukan makanan.
6.      KONTRAK MANAJEMEN

a.      Kelemahan
·         Perusahaan penerima kontrak tidak dapat mengatur sistem manajerialnya sendiri,semua diatur oleh perusahaan pemberi kontrak
·         Perusahaan penerima kontrak tidak dapat mengembangkan pengetahuan manajerialnya,sehingga akan terus bergantung dengan perusahaan pemberi kontr

b.      Keunggulan
·         Mendapatkan pengetahuan manajerial
·         Mendapatkan bayaran sekitar 2 samapai 5 persen dari penjualan

c.       Contoh Usaha
Pelaku bisnis hotel yang memiliki jaringan internasional, seperti Sheraton, Melia, Hilton, Nikko dan lain lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar